Selasa, 19 Mei 2015

Apa sih Nitizen itu?


Mungkin ada sebagian dari kita yang belum tau arti dari "Netizen". Hmmm... pada awalnya saya sendiri juga bingung, saat teman saya manggil saya "oi Netizen, ada berita bagus hari ini nggak?" karna saya pertama kali mendengar kata "Netizen", saya bingung sendiri karna kata "Netizen" masih sangat asing di telinga saya waktu itu. Sebenarnya jika mau di telusuri soal kata "Netizen" banyak sumber yang bisa memberi tahu termasuk blog saya ini.

Nah, biar langsung ke intinya, ini lho arti kata "Netizen". Netizen adalah merupakan istilah yang di bentuk dari kata NET (Internet) dan CITYZEN (Warga). Jika disatukan dan di terjemahkan, atrinya kurang lebih "Warga Internet / Pengguna Internet Aktif". Maksud dari pengguna internet aktif yaitu orang-orang yang setiap hari di kehidupannya tidak lepas dari internet.

Dari semuat itu dapat kita simpulkan, Netizen adalah semua orang baik dari anak kecil sampai orang dewasa bahkan lansia yang menggunakan internet untuk mengeluarkan pendapat, bersosialisasi, bahkan untuk pekerjaan bisnis. Pada dasarnya hal-hal yang di lakukan Netizen di Internet antara lain : 

1. Berkomunikasi dengan netizens lainnya melalui media-media seperti skype, email, chat, wall to wall, dll.
2. Menyuarakan pendapatnya (dapat berupa rekomendasi, kecaman, opini, masukan mengenai sesuatu, mempromosikan, mengekspresikan diri, dll) melalu berbagai sosial media seperti twitter, tumblr, facebook, dll.
3. Berkolaborasi melalu aplikasi web yang dapat digunakan secara kolaboratif dan real time melalui aplikasi-aplikasi seperti Google Docs, Google Spreadsheet, Zoho, dll.

Sekian dan terimakasih telah membaca postingan saya. 

0 komentar:

Posting Komentar